Kamis, 21 Maret 2013

Serba-Serbi "TEMAN"

Aku gak tahu mau nyebut ini curhat, atau basa-basi yang memang basi ! Hehe

Kalian pasti gak asing kan dengan kata yang satu ini :

"TEMAN"

Menurut kalian artinya apa.? sekedar orang-orang yang kalo kita bersamanya rasanya asik.? Atau orang-orang yang dengannya kita bisa merasakan berbagai hal, dari seneng sampe sakit, dari bahagia sampe kecewa, dari tertawa hingga terluka (kok lebay gini ya.?) ??? Tapi, menurut aku teman itu seperti pilihan kedua.

Kapan seseorang dapat dikatakan sebagai teman kita.? Menurutku lagi nih ya 'kita jadi teman sebelum kita sadar bahwa kita teman.'. Jadi status teman itu konvensional. Gak perlu deklarasi, tiba-tiba pas nyadar kita udah teman... Itu lah hebatnya teman.


Fungsi teman ?
Seabrek ! Sumpah banyak !
Dari tempat berbagi kebahagiaan sampai berbagi cerita duka :'(
Dari tempat berbagi makanan sampai berebut satu permen :D
Pokoknya teman itu tempat gila-gilaan sampai waras-warasan... Hehehe...

Temanku pernah tanya ke aku :
"Sa, kamu bakal jauhin temenmu gak demi temen.?"
Denger pertanyaanya aja aku bingung, mana ada kalimat itu dalam otakku. Tapi sialnya, temanku itu mengalaminya. Aku gak tahu pasti siapa yang dia maksud, yang dia katakan hanya...
"Aku punya temen--cewek--sepertinya dia suka sama temanku--cowok-- tapi ini baru sekedar perkiraanku. Dia--cewek--gak pernah cerita tentang dia suka atau gak, cuma aku sering lihat dia natapin tu cowok, senyum-senyum sendiri, dan yang buat ku yakin membuat kesimpulan ini adalah tiap kali aku ngobrol ma tu cowok, dia langsung jauhi aku, mukanya tertekuk tujuh, gak senyum lagi, aku ngomong pun gak dihiraukan. Aku langsung dianggap suara tanpa wajah sama dia. makanya ku tanya kamu 'apa aku harus ninggalin temen demi temen.' Aku gak ada rasa ma tu cowok, cuma temen aja. Jadi, mungkin ini yang bisa buat dia gak aneh lagi ke aku."
Glek.
Swear aku gak tahu harus ngomong apa. Memang sih, ada hal-hal tertentu yang harus kita tutup rapat-rapat dari teman. Tapi, kalau kita di posisi si Cewek, harusnya kita ngerti dong temen kita gak ada rasa sama si Cowok. Dan gak logis banget kan kita marah sama teman cuma karena dia ngobrol sama cowok yang kita taksir.? Bersikap lah sewajarnya. Memang susah, apalagi kalo mereka udah terlanjur jadi temen dekat. Susah belum tentu gak bisa kan.?

Di lain waktu temanku yang lain pernah cerita :
"Dia selalu minta aku ngerti dia, tapi dia gak pernah ngerti aku. Kalo cara pandang kita berbeda, gak mungkin di satukan. Harusnya dia ngerti."
Dengar ceritanya aku jadi ingat, ada teman yang memintaku untuk berubah. Aku coba. Sulit. Tapi lama-lama-lama-lama-lama-lamaaaa aku jadi bisa sedikit berubah.! Sumpah cuma sedikit. Meski sedikit dan makan waktu yang lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa gak berarti gak bisa kan.?

Menurut aku lagi niih...
Kita gak boleh nuntut teman berubah, yakin aja, dia akan mengerti kita dengan caranya sendiri. Kita juga gak boleh terlalu sensitif, dikit-dikit ngambek, dikit-dikit pengen dimengerti, dikit-dikit pengen teman harus sependapat. Kalo kita gitu, kasian teman kita dong :)

Menurutku lagii (ini curhat, bukan karya ilmiah jadi gak pake pendapat ahli.. hehehe) konsekuensi dari kata TEMAN itu gampang kok, terima kekurangannya dan sukuri kelebihannya !!! Kalo kita cuma bisa nerima kelebihanya dan kekurangannya kita jadikan bahan gunjingan, gak usah mimpi punya teman !!!

Terkadang teguran-teguran yang dilontarkannya nyata blak-blakan. Tapi yakin aja, mereka cuma ingin kita jadi pribadi yang lebih baik. Jadi jangan pernah masukin di hati yaa kalo teman negur kita telak-telakan, sakitnya cukup saat itu aja, jangan dibawa lama-lama. Bisa busuk looh.!!

Terakhir niih,,,
Dalam berteman pasti ada perbedaan, tapi jadikanlah perbedaan itu sebagai suatu hal penyusun nada perjalanan tangis tawa kita. Hal terpenting dalam berteman bukan "Bagaimana kamu berubah agar memahamiku seutuhnya.!" tapi "Bagaimana aku menerimamu apa adanya, dan menerima semua perbedaan yang ada sebagai suatu harmonisasi yang indah.!"

Logikanya,
Dunia kalo cuma satu warna (misal : hijau), dari luar angkasa sampe dasar laut teruuuus ke perut Bumi warnanya hijau, kan gak asik buat di pandangi.? Itulah sebabnya Tuhan nyiptain perbedaan sebagai keindahan.

Intinya teman ya teman.
Gak perlu jauhi yang satu demi yang lain, bicaralah dari hati ke hati. Kata Kakashi (Naruto Shippuden) "Orang yang meninggalkan temannya lebih buruk dari SAMPAH !!!"

Kalo kataku "Dalam berteman jangan berharap menerima, tapi berusahalah tuk memberi"

Hehe...
Sekilas tentang teman, original kerikan sebelas jariku :LOL:

7 komentar:

  1. trus, gw hrus bilank apa,.:D
    waw, wew, owh, iew, yeah,.
    hayoo, plih yg mna ea,.
    ckck,.

    BalasHapus
  2. ahahaha,..
    buatkn aq jga bha blog kya gini,.
    hehe,.:D

    BalasHapus
  3. responku positif terhadap stimulus yang kau berikan dalam artikel ini :p hahahhhahaaa

    BalasHapus
  4. Main ke blog q juga.... ^_^
    sukronpnp.blogspot.co.

    Salam Sastra

    BalasHapus
  5. Wawa :
    Hehehe... Thank kawankuu :*

    Sukron :
    InsyaAllah :)

    BalasHapus